Kamis, 13 September 2012

5 cara perawatan vagina setelah melahirkan


Kondisi vagina, otot perineum dan rektum setelah melahirkan berubah dan tergantung pada pengalaman kelahiran. Untuk itu perempuan memerlukan perawatan pada vaginanya.

Melahirkan bayi dengan berat lahir besar akan menimbulkan luka yang lebih buruk dan perlu pemulihan lebih lama. Sedangkan jika melahirkan bayi dengan berat lahir kecil, lukanya lebih mudah disembuhkan karena perineum tetap utuh.

Rawatlah kondisi vagina segera setelah melahirkan dengan cara yang tepat agar vagina cepat sembuh. Berikut perawatannya, seperti dilansir mom.me, Senin (27/8/12):

1. Kompres vagina dengan kain yang diisi es batu 
Es dapat mencegah pembengkakan dalam 24 jam pertama setelah persalinan. Bungkuslah es batu dengan kain yang halus dan lembut dan sekalah vagina secara perlahan.

Tetapi jika labia telah mengalami pembengkakan, mengompres vagina tidak akan membantu. Bengkak pada labia disebabkan oleh kelebihan cairan yang akan mengempis dengan sendirinya setelah beberapa hari.

2. Mengambil obat pelunak tinja 
Buang air besar setelah melahirkan akan terasa menyakitkan, sehingga Anda memerlukan obat pelunak tinja. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit ketika buang air besar.

3. Latihan kegel 
Sangat penting untuk melakukan latihan kegel setelah melahirkan untuk memperkuat dasar panggul. Latihan kegel juga dapat membantu menjaga kontinensia kemih, kemampuan untuk mengontrol waktu buang air kecil dan fungsi sfingter anal lainnya.

4. Mengambil obat herbal 
Obat herbal dapat menjadi alternatif untuk mengatasi rasa sakit pada vagina, gatal pada bekas jahitan dan wasir. Anda juga dapat menyemprotkan dermoplast pada vagina yang mungkin akan menimbulkan efek mati rasa beberapa waktu yang membuat Anda lebih nyaman.

5. Gunakan pelumas 
Ketika vagina telah siap untuk kembali berhubungan seks, Anda mungkin memerlukan bantuan pelumas.
Hormon estrogen akan berada dalam tingkat yang sangat rendah setelah melahirkan dan saat Anda sedang menyusui. Hal ini akan menyebabkan penipisan mukosa (membran) vagina yang dapat membuat vagina kering.

Sehingga wanita memerlukan pelumas untuk berhubungan seks setelah melahirkan agar seks tidak menyakitkan dan penyebab luka.



 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar