Selasa, 11 September 2012

5 Tips yang perlu diingat wanita hami yang bekerja


Ada banyak perubahan di tubuh wanita selama masa kehamilan. Lalu bagaimana dengan wanita karir yang tetap harus bekerja? Ada beberapa tips agar ibu hamil bekerja tetap sehat.

Wanita hamil yang tetap bekerja harus sangat berhati-hati karena banyak faktor yang dapat membahayakan janinnya. Berikut beberapa tips yang perlu diingat wanita hamil yang bekerja, seperti dilansir boldsky, Jumat (24/8/2012):

1. Hindari tangga

Saat sedang hamil, sebaiknya hindari menaiki tangga dan pilihlah lift. Tangga dapat membuat Anda mudah lelah dan juga dapat menjadi alasan untuk kecelakaan karena lantai kantor yang basah atau licin. Selain itu, ibu hamil sebaiknya menghindari tangga karena menempatkan tekanan pada plasenta.

Jika dokter Anda telah menyarankan untuk menghindari tangga, pastikan Anda mengikuti hal itu. Jika kebetulan Anda sedang naik tangga, hindari membawa barang-barang berat. Berpegangan dan memanjat secara perlahan. Kenakan sandal datar agar tidak terpleset dan juga nyaman.

2. Bawa camilan sehat

Ibu hamil memerlukan makanan dengan gizi seimbang, yang harus dimakan dalam interval pendek. Untuk itu, sebaiklah bawalan makanan ringan yang sehat ke kantor, seperti buah-buahan, sehingga membuat Anda dan janin tumbuh dengan sehat.

3. Jauhi asap rokok dan kafein

Asupan kafein bisa berbahaya bagi janin. Menurut banyak penelitian, konsumsi kafein dapat menyebabkan keguguran terutama pada trimester pertama. Kafein merupakan zat adiktif yang memiliki stimulan yang dapat berbahaya untuk tumbuh kembang janin.

Demikian pula dengan rokok yang mengandung nikotin, yang dapat membahayakan pertumbuhan dan perkembangan janin. Ketika Anda merokok atau menghisap asap rokok, bayi akan kekurangan oksigen dan ini akan mempengaruhi pertumbuhannya. Selain itu, merokok dikaitkan dengan kelahiran prematur, keguguran dan cacat lahir.

4. Fokus pada posisi duduk

Duduklah lurus di kursi. Anda juga dapat menambahkan bantal untuk meredakan sakit punggung. Jika Anda merasa tidak nyaman dan mual, ambil napas dalam-dalam dan makanlah sesuatu.

5. Istirahat adalah keharusan

Duduk di satu tempat untuk durasi yang lama dapat memperlambat sirkulasi darah dalam tubuh. Pastikan Anda melakukan istirahat kecil. Berjalan santai dan banyak minum air dapat mengontrol perasaan menjengkelkan dan penyakit lainnya.

sumber : kompas

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar